SMK N 1 Sedan - SMK Pusat Keunggulan Lihat Video Profil
Toggle Bar

Blog SMKN 1 Sedan

Catatan kegiatan, informasi dan update seputar sekolah

Adventurous Journey, MPLS Menyenangkan di SMK Negeri 1 Sedan.

Sedan,Rembang- Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) menjadi satu tahapan yang penting bagi setiap peserta didik baru. Hal ini pula yang menjadi dasar pemilihan konsep untuk pelaksanaan MPLS tahun 2023 di SMK Negeri 1 Sedan. MPLS yang menyenangkan dengan membangun budaya ‘meraki’ di tahun ajaran baru, menjadi pilihan.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari, tanggal 17 – 20 Juli 2023, ini berjalan dengan lancar dan penuh kemeriahan. Acara yang dikemas secara indoor dan outdoor ini diikuti oleh 252 peserta didik dari dua kompetensi keahlian; Teknik Otomotif dan Busana.

Hari pertama kegiatan diawali dengan apel pembukaan. Dilanjutkan dengan pemberian materi tentang kejuruan dan talkshow dengan tema “ Kemana Setelah Lulus SMK?’. Pada kegiatan talkshow, para peserta didik baru mendapatkan informasi dan gambaran tentang tujuan belajar di SMK. Bekerja, melanjutkan belajar di jenjang lebih tinggi, ataukah berwirausaha setelah lulus nanti. Untuk menguatkan hal tersebut, para alumni dihadirkan untuk memberikan inspirasi. Mereka diajak membangun mimpi dengan pembuatan River of Life.

Materi keremajaan yaitu tentang kesehatan mental dan bullying menjadi salah satu materi di hari kedua. Selain itu, ada kegiatan baru yang menarik di MPLS tahun ini, Adventurous Journey. Melalui kegiatan petualangan berkelompok ini, peserta didik diajak secara aktif mengenali aset sekolah secara langsung. Mereka ditantang untuk menyelesaikan serangkaian tugas yang mendorong mereka untuk bekerjasama, kreatif, dan bertanggungjawab.

MPLS di hari ketiga diisi dengan kegiatan pentas seni dari peserta didik. Berbagai tampilan kreativitas seperti menyanyi, menari dan drama menjadi suguhan sangat menarik. Pemberian apresiasi seperti kategori kelompok tersolid, kelompok terceria, dan kelompok terkreatif menjadi kegiatan penutup yang menggembirakan bagi peserta.

Melakukan sesuatu dengan jiwa, kreatifitas dan cinta, menjadi pijakan dasar untuk mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang berkualitas dan menyenagkan. SMK Bisa, SMK Hebat. MPLS menyenngkan, MPLS yang bermakna dan selalu dikenang.

MOTIVASI BELAJAR DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

MOTIVASI BELAJAR DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19
Oleh Yetti Kusnawati, S.Pd.
Guru Pendidikan Pancasila SMK Negeri 1 Sedan, Rembang

PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Pada awal tahun 2020, COVID-19 telah menjadi pandemi. Penularan COVID-19 sangatlah cepat sehingga Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan virus corona atau COVID-19 ini sebagai pandemi pada tanggal 11 Maret 2020. Status epidemi global atau pandemi ini menandakan penyebaran COVID-19 berlangsung sangatlah cepat hingga hampir tak ada negara di dunia yang dapat terhindar dari virus corona.
Pemerintah Indonesia telah menghimbau untuk tetap di dalam rumah dan mengisolasi diri. Pemerintah Indonesia menerapkan aturan PSBB yang merupakan singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar yang dibuat dalam rangka Penanganan COVID-19. Hal ini dilakukan dengan harapan virus tidak menyebar lebih luas dan upaya penyembuhan dapat berjalan maksimal. Dalam usaha pembatasan sosial ini pemerintah Indonesia telah membatasi kegiatan di luar rumah seperti kegiatan pendidikan yang telah dilakukan secara daring melalui pembelajaran daring. Pembelajaran daring dilakukan dengan memanfaatkan teknologi khususnya internet. Pembelajaran daring dilakukan dengan sistem belajar jarak jauh, dimana Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) tidak dilakukan secara tatap muka.
Keadaan ini tentu saja memberikan dampak pada kualitas pembelajaran, siswa dan guru yang sebelumnya berinteraksi secara langsung dalam ruang kelas sekarang harus berinteraksi dalam ruang virtual yang terbatas. Guru dituntut memberikan pengajaran yang baik, menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar dan secara kreatif dan inovatif menggunakan media belajar yang menarik agar siswa dapat memahami materi pembelajaran dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Selain itu, motivasi belajar siswa juga berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran. Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan oleh Emda, bahwa proses pembelajaran akan mencapai keberhasilan apabila siswa memiliki motivasi belajar yang baik. Oleh karena itu, motivasi belajar sangat penting untuk dimiliki oleh setiap siswa, baik motivasi intrinsik maupun ekstrinsik.
Iklim belajar yang diciptakan pembelajaran daring turut mempengaruhi motivasi belajar siswa, jika dalam pembelajaran luring guru mampu menciptakan suasana kelas kondusif untuk menjaga motivasi belajar siswa agar pembelajaran dapat tercapai karena iklim kelas memiliki pengaruh yang signifikan dengan motivasi belajar.
Namun kondisi pembelajaran daring menyebabkan guru kesulitan untuk mengontrol dan menjaga iklim belajar karena terbatas dalam ruang virtual. Kondisi ini menyebabkan motivasi belajar siswa dapat menurun bahkan mempengaruhi hasil belajar siswa.
Rumusan Masalah
Bagaimana dampak pembelajaran daring terhadap motivasi belajar peserta didik?
Bagaimana cara mencapai motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran daring?

 

Tujuan
Peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran daring
Pada pembelajaran daring, peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan. Seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk menggerakan siswa agar semangat belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar.
Peserta didik lebih termotivasi dalam pembelajaran daring
Semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar adalah sebuah penggerak atau pendorong yang membuat seseorang akan tertarik kepada belajar sehingga akan belajar secara terus-menerus. Motivasi yang rendah dapat menybabkan rendahnya keberhasilan dalam belajar sehingga akan merendahkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, dalam pembahasan kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring akibat pandemi COVID-19

Media Pembelajaran PPKn Elemen Bhinneka Tunggal Ika Kelas X

Media Pembelajaran PPKn Elemen Bhinneka Tunggal Ika Kelas X di SMK Negeri 1 Sedan