SMK N 1 Sedan - SMK Pusat Keunggulan Lihat Video Profil
Toggle Bar

Blog SMKN 1 Sedan

Catatan kegiatan, informasi dan update seputar sekolah

PPKS SMKN 1 SEDAN GELAR PSIKOTEST MINAT DAN BAKAT KELAS X

PPKS SMKN 1 SEDAN GELAR PSIKOTEST MINAT DAN BAKAT KELAS X

Salah satu program dari PPKS (Pusat Pengembangan dan Karier Siswa) adalah mengadakan Psikotest Minat dan Bakat. Psikotest minat dan bakat ini bertujuan utama untuk mengungkap/ menelusuri bakat dan juga minat siswa. Psikotes ini juga dapat melihat beberapa kecenderungan kepribadian dan juga melihat potensi inteligensi siswa. Pada tahun pelajaran 2021/2022 ini kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 13 Oktober 2021 yang diikuti oleh 230 siswa. Peserta dibagi ke dalam dua sesi dan memenuhi protocol kesehatan. Kegiatan Psikotest Minat dan Bakat ini kerjasama antara PPKS SMK Negeri 1 Sedan dengan PT. LPM Pati

Dari Psikotest Minat dan Bakat ini harapan sekolah antara lain siswa dapat:

  1. Mengenal diri sendiri (Understanding SelfPsikotest minat dan tes bakat membantu siswa-siswi sekolah untuk mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Banyak kita jumpai siswa-siswi sekolah belum mengenal dengan baik siapa dirinya, apa kelebihannya, apa kelemahannya, apa hobinya, dan apa yang menarik dari dirinya. Untuk itu, kita perlu mengadakatan psikotest ini.
  1. Mengenal dan mengembangkan bakat siswa. Pada umumnya, di sekolah-sekolah terdapat beberapa kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstra kurikuler bertujuan untuk mengembangkan dan mengasah bakat setiap siswa-siswi di Sekolah. Namun kendalanya, seringkali siswa-siswi bingung atau tidak tahu ekstra kurikuler apa yang cocok untuk diikuti. Celakanya siswa-siswi memilih ekstrakurikuler bukan berdasarkan bakat yang ada, tetapi karena pengaruh ikut-ikutan teman-teman kelompoknya.  Disinilah fungsi utama psikotes minat dan bakat. Melalui psikotest minat dan bakat, akan terlihat pola kecenderungan bakat siswa, dan dapat menjadi bahan pertimbangan atau rekomendasi kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai untuk siswa-siswi tersebut.
  1. Membantu siswa mendapatkan jurusan yang tepat. Sebetulnya, dengan psikotest minat dan bakat, akan terlihat secara umum seorang siswa memiliki arah peminatan tertentu. Dengan informasi ini, pihak sekolah akan lebih mudah mengelompokkan peminatan siswa-siswi, Tetapi karena psikotest ini dilaksanakan pada siswa kelas X semester 1 dan SMK Negeri 1 Sedan hanya memiliki dua kompetensi keahlian maka untuk tujuan ini belum relevan. Tujuan ini relevan jika SMK Negeri 1 Sedan sudah benar-benar menerapkan Kurikulum Paradigma Baru yang mengizinkan sekolah membuka kompetensi keahlian baru yang masih satu rumpun program keahlian..
  1. Memotivasi dan membangun masa depan. Siswa sekolah adalah generasi penerus bangsa masa depan, untuk itu harus dibina dan juga dididik agar bisa menjadi penerus dan pemimpin bangsa di masa yang akan datang. Psikotest minat dan bakat ini dapat membantu siswa-siswi untuk melihat kemampuan dan bakat yang mereka miliki. Kedepan hasil psikotest minat bakat ini dapat menjadi acuan bagi siswa-siswi untuk memilih apakah setelah lulus SMK nanti akan bekerja, melanjutkan ke perguruan tinggi, atau berwirausaha sesuai dengan minat dan bakat mereka.