SMK N 1 Sedan - SMK Pusat Keunggulan Lihat Video Profil
Toggle Bar

Blog SMKN 1 Sedan

Catatan kegiatan, informasi dan update seputar sekolah

PPKS SMKN 1 Sedan Adakan Bimbingan Karier untuk Kelas XII

PPKS SMKN 1 Sedan Adakan Bimbingan Karier untuk Kelas XII

Pada hari Kamis tanggal 14 Oktober 2021 PPKS SMK Negeri 1 Sedan bekerjasama dengan PT. Putra Prima Abadi Perkasa Jakarta mengadakan kegiatan Psikotest Bimbingan Karier yang rencananya diikuti oleh 231 siswa ternyata yang hadir 222 siswa. Kegiatan ini betujuan untuk memberikan bimbingan dalam test wawancara dan memberikan pengalaman kepada siswa untuk mengikuti test kerja. Psikotest ini dilaksanakan secara tatap muka di Bengkel Otomotif SMK Negeri 1 Sedan yang dilaksanakan secara dua tahap dengan memenuhi protokol kesehatan. Tahap pertama dilaksanakan pada jam 08.30 – 10.30 kemudian dilanjutkan dengan materi trick wawancara selama setengah jam. Tahap dua dimulai pada jam 11:00 kemudian dilanjutkan dengan trick wawancara juga. Psikotes ini dilaksanakan secara tertulis/menggunakan kertas.
Dalam kegiatan ini, Kepala SMKN 1 Sedan tidak dapat hadir sehingga diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan Bapak Ahmad Fathoni, S.Pd. Kegiatan tersebut dibuka pada jam 08:00. Beliau menghimbau agar siswa kelas XII memanfaatkan momen kegiatan ini. Siswa kelas XII yang semula pada kelas X tidak bisa melaksanakan Kunjungan Industri akan diganti dengan kegiatan psikotest bimbingan karier di mana dari kegiatan ini nantinya akan ada rekrutmen langsung dari beberapa perusahaan dengan melihat hasil dari psikotest ini. Oleh karena itu, siswa kelas XII perlu memperhatikan apa-apa saja yang perlu dipersiapkan dalam wawancara yang akan disampaikan oleh pemateri nanti supaya siswa dapat lolos wawancara. Dari hasil test ini, psikolog akan menyalurkan siswa kelas XII ke perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan hasil testnya.


Hal yang mempengaruhi keberhasilan seseorang ditentukan oleh 10% finasial, 20% keahlian, 30% jaringan, dan 40%nya adalah soft skill. Jadi, di dunia industri dan dunia kerja sekarang ini yang diutamakan adalah soft skill. Setiap orang memiliki kelebihan masing-masing. 80% soft skill dilihat dari ketrampilan berbicara, perubahan mindset dan pola pikir. Sehingga komunikasi adalah nomor satu yang dibutuhkan seseorang jika ingin berhasil. Dari sekarang, siswa perlu melatih kemampuan berkomunikasi dengan orang lain jika mereka ingin sukses nantinya. Siswa kelas XII disarankan bahwa jika mereka tidak ingin mendapatkan upah yang setara UMR, maka mereka harus mulai dari sekarang mencari perusahaan yang dari sekarang sudah memulai proses pemagangan. Perusahaan-perusahaan yang mampu memberi upah di atas UMR, dari sekarang ini sudah memulai perkrutan calon tenaga kerja.
Kunci wawancara antara lain: menjawab dengan taktis, optimis, praktis, ceriterakan tentang diri anda, tetap fokus pada perusahaan yang dilamar. Dalam mengikuti test wawancara, anak-anak harus melihat sikapnya. Pandangan ke depan melihat pewawancara dan ceriterakan nilai tambah anda. Jangan sampai menjelek-jelekkan perusahaan lama di mana anda pernah bekerja, jangan meminta gaji yang lebih dari UMR jika anda belum berpengalaman kecuali jika anda sudah berpengalaman, anda bisa melakukan negosiasi tentang upah anda. Yang dinilai dalam wawancara antara lain: penampilan, cara berbicara, cara berjalan, dan kesiapan dokumen. Gunakan pakaian yang sopan, potongan rambut yang rapi, bersepatu. Jika anda masuk ke ruang wawancara, usahakan disiplin. Tepat waktu sesuai dengan jadwal yang diteapkan. Jangan duduk sebelum anda dipersilahkan duduk oleh pewawancara. Jika anda sudah dipersilahkan masuk tetapi belum dipersilakan duduk, maka mintalah izin untuk duduk terlebih dahulu. Demikian sekilah trisk wawancara, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.