SMK N 1 Sedan - SMK Pusat Keunggulan Lihat Video Profil
Toggle Bar

Blog SMKN 1 Sedan

Catatan kegiatan, informasi dan update seputar sekolah

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Dalam pembelajaran tentu tidak lepas dari komponen pendukung dalam kegiatan belajar mengajar, salah satunya yaitu model pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada materi Panjang busur dan luas juring lingkaran pada peserta didik kelas XI DPB 1. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan menggunakan pendekatan kolaboratif dengan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Tahapan dalam penelitian Tindakan kelas ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun subjek pada penelitian ini yaitui peserta didik kelas XI DPB 1 sejumlah 36 siswa. Penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada Siklus 1 dan 2. Pada kondisi awal atau pra siklus keaktifan peserta didik hanya mencapai 33,35% dan rata-rata hasil belajar mencapai  64,6 kemudian Pada siklus pertama,keaktifan peserta didik mencapai 59,18% dan rata-rata hasil belajar mencapai 70,1 kemudian pada siklus 2 keaktifan siswa mencapai 79,4% dan rata-rata hasil belajar mencapai 84,6. Dalam kesimpulannya, penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas  XI  DPB 1 SMK Negeri1 Sedan  pada materi Panjang busur dan luas juring lingkaran waktu dengan suasana belajar yang menyenangkan dengan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.