SMK N 1 Sedan - SMK Pusat Keunggulan Lihat Video Profil
Toggle Bar

Blog SMKN 1 Sedan

Catatan kegiatan, informasi dan update seputar sekolah

Era Millenial, Mahasiswa Bangun Aplikasi E-voting untuk SMK Negeri 1 Sedan

 

Alumni Berbagi - Untuk melatih peserta didik agar belajar demokrasi, Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS atau yang sering disebut Pilkosis SMK Negeri 1 Sedan selalu diadakan setiap tahunnya sebagai sarana untuk melatih peserta didik untuk berani mengungkapkan pendapatnya kepada khalayak

dan diharapkan kepada Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS terpilih mampu menjadi sosok pemimpin yang memberikan teladan baik untuk sekitarnya. Sebelum adanya pandemi Covid-19, Pengurus OSIS SMK Negeri 1 Sedan selalu mengadakan Pilkosis melalui pemungutan suara menggunakan media kertas, namun semenjak pandemi mewabah untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut tentu harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan menjaga sterilitas setiap media yang digunakan, mengingat Kegiatan Belajar Mengajar pun dilaksanakan secara tatap maya (daring) sewaktu awal pandemi dan Pembelajaran Tatap Muka baru diberlakukan baru-baru ini.

Belajar dari hal tersebut, Ahmad Aufan Nur Hakim salah satu alumni dari SMK Negeri 1 Sedan yang sekarang berstatus Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika di salah satu Perguruan Tinggi di Jawa Tengah mempunyai alternatif untuk memecahkan masalah tersebut, yaitu dengan membangun aplikasi e-voting berbasis web. "Aplikasi tersebut muncul dari keisengan saya di awal masa pandemi, untuk memanfaatkan waktu luang setelah PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) daripada rebahan saya mencoba melakukan berbagai hal yang sesuai dengan passion saya, berbekal pengalaman organisasi semasa sekolah dan tutorial dari youtube muncullah ide untuk membangun aplikasi e-voting ini dengan menggunakan berbagai bahasa pemograman." Jelas Aufan.

Hal tersebut mendapat tanggapan positif dari Civitas Akademika SMK Negeri 1 Sedan dan OSIS. "Aplikasinya cukup nyaman dan praktis, dengan desain warna yang menarik, gambar yg jernih dan tajam, dan eksklusif karna dengan sekali klik dapat muncul visi misi calon kandidat. Harapan kedepannya vidio kampanye juga bisa masuk ke dalam aplikasi ini." Ungkap Fairus Kamil sebagai Ketua OSIS Masa Bakti 2019-2020.

Dengan kerjasama dalam program Alumni Berbagi tersebut diharapkan dapat menghasilkan hasil yang positif dengan kolaborasi antara Alumni dan SMK Negeri 1 Sedan. "Harapannya, seiring berkembangnya teknologi dengan adanya aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik setiap tahunnya. Saya harap muncul alumni lain untuk ikutserta berkontribusi di SMK Negeri 1 Sedan melalui programnya, seperti dalam kegiatan Bulan Amal Yatim Piatu beberapa waktu lalu banyak alumni yang antusias." Ujarnya.