. SMK NEGERI 1 SEDAN

Sejarah

SMK N 1 Sedan berdiri tahun 2004 dengan 2 program keahlian yang dimiliki yaitu Teknik Mekanik Otomotif dan Tata Busana. Berawal dari kebijakan Departemen Pendidikan Nasional  untuk memperbanyak jumlah SMK, maka Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang menindaklanjuti dengan mensosialisasikan program Sekolah SMK Kecil di SMP.

Ada 3 kandidat tempat untuk didirikannya SMK Kecil di SMP, dengan alas an bahwa SMP yang akan ditempati mempunyai jumlah peserta didik yang kurang. Salah satu yang dilirik yaitu SMP N 2 Sedan yang saat itu hanya memiliki 4 rombongan belajar untuk 3 tingkat. Dengan diliriknya SMP N 2 Sedan, kepala sekolah saat itu bapak Sutarham S.Pd kemudian berkoordinasi dengan guru, masyarakat sekitar dan calon DUDI yang ada di sekitarnya untuk mencoba merintis pendirian SMK Kecil di SMP N 2 Sedan.

Hasil koordinasi ditindaklanjuti dengan pengajuan Proposal Pendirian SMK Kecil di SMP N 2 Sedan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang, Bupati Rembang dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Hasilnya diterima SK Pendirian SMK Kecil di SMP N 2 Sedan berdasarkan SK Bupati Rembang Nomor 211/2004 tanggal 22 Mei 2004.

Di awal berdirinya SMK Kecil di SMP N 2 Sedan menerima 3 rombel terdiri dari 2 rombel Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif dan 1 Rombel Program Keahlian Tata Busana. Guru pengampu sementara diambil dari guru SMP N 2 Sedan dan beberapa guru tidak tetap.

Dengan semakin berkembangnya SMK Kecil di SMP N 2 Sedan, ditandai dengan jumlah peserta didik yang semakin bertambah, guru dan karyawan yang ditempatkan dan sarana prasarana pendukung juga semakin lengkap maka SMK N 1 Sedan berdiri sendiri sebagai satu Unit Pelaksana Teknis di Kabupaten Rembang, dan sekarang ini berdiri dengan nama SMK Negeri 1 Sedan.